Resep Membuat Pindang Bandeng Imlek

NyusPles - Tiap hari raya keagamaan atau hari-hari besar lainnya pasti memiliki menu andalan yang jadi ciri khas, termasuk Tahun Baru Imlek ini. Salah satu menu yang jadi ciri khas Imlek adalah Pindang Bandeng.

Menu Pindang Bandeng atau yang dalam terjemahan bahasa mandarin disebut nian nian you you ini mengisyaratkan bahwa akan selalu ada sisa dari rejeki yang berlimpah baik dari segi karir, bisnis, keluarga, dll.

pindang bandeng imlek

Sangat gampang membuat menu Pindang Bandeng Imlek ini. Berikut bahan dan cara memasaknya.

Bahan :
1 ekor ikan bandeng dipotong menjadi 6 (sudah dibersihkan dari sisik dan isi perut)
1 sdm garam
1 butir jeruk nipis
1 ½ liter air
5 sdm kecap manis
5 buah cabe rawit dan cabe merah yang dibiarkan utuh
5 butir bawang merah tanpa dikupas
2 ruas jari jahe tanpa dikupas
3 ruas jari kunyit tanpa dikupas
½ sdt garam
3 sdm air asam Jawa (dari 50 ml air panas dan sepotong kecil bola asam Jawa)
1 ½ sdm gula Jawa yang disisir

Cara Membuat :
Pertama, lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis beserta garam dan remas. Diamkan selama 15-20 menit lalu cuci bersih. Masukkan ke dalam panci dan lumuri bagian rongga ikan dan bagian luarnya dengan kecap dan setengah air perasan jeruk nipis. Pastikan rata. Sisihkan.


Panggang cabe, bawang, jahe dan kunyit di atas kawat pemanggangan. Panggang hingga bagian luarnya sedikit terbakar. Kupas kunyit, bawang, serta jahe dan memarkan.

Ambil panci yang lain dan penuhi dengan air serta bumbu yang dibakar lainnya lalu masak hingga mendidih. Tuang didihan air yang sebelumnya dan masak kembali hingga mendidih.

Tambahkan garam, gula, serta air asam lalu masak hingga kuah menyusut dan ikan berubah matang. Sesuaikan rasa dengan selera anda. Sajikan.

Selamat menikmati, dan selamat Tahun Baru Imlek.

Subscribe to receive free email updates: